Kamis, 30 April 2009

Jaman dulu vs jaman sekarang


Salah satu hobi ayah gue,membanding-bandingkan zaman dulu kala dengan zaman sekarang kala.

Tiap gue nonton yang berbau jaman dulu,omongan ayah gue adalah,”Pasti kamu gapernah ngalamin yang kayak gitu,main di sawah,bikin wayang2an, saya ngalamin tuh smuanya,gada yg enggak”

Kalo ayah gue udah bilang gitu gue Cuma bisa ngeringis.

Kalo udah ngeringis gitu,gue mulai berfikir,masa iya cara berfikir kita jaman skrg sama jaman dulu harus sama?

Masalahnya adalah,kalo jaman dulu kan emamg udah jadi tradisi,jadi mata pencaharian mreka,atau udah jadi kebiasaan mreka di sekelilingnya ya karena pengaruh di sekitarnya.Mungkin dulu ayah gue ngalamin smua karena satu,dia tinggal di desa,dua dia tinggal di kompleks perdagangan karena kakek gue emang dagang,tiga karena ayah gue bandel mainannya bolang,jadi ya begitulah.

Nah kalo sama gue ya jelas bumi sama planet,ayah gue tinggal di bumi,gue di planet.Dari hobi gue aja udah kliatan,nulis dan baca.Ya emang sih gue akuin ayah gue jg dulu hobi baca,bahkan masi kecil dia bacanya Koran macem tempo dulu atau apalah,semua dibacasama dia,buku kakek gue aja dibaca.Ya kalo gue? Bacanya komik doing,itupun komik cantik.Coba kalo dulu masi kecil gue dikasinya komik Einstein,mungkin skrg gue udah jadi Einstein jadi2an.

Ya,ayah gue smuanya dikuasain sm dia.Dari profesinya dokter,keahliannya memimpin,hobi baca,maniak berita,up to date sama smua hal kcuali yang berbau iptek ya,dan pinter bgt dalam hal politik ekonomi dsb.Di rumag tangga juga pinter,masak pinternya ampun dah,ibaratnya kalo masak tuh ayah gue bikin teriyaki,gue yang Cuma bikin sambel kecap,kecap dikasi irisan cabe selesai deh,

Gue serba minus dibanding beliau.

Bagi gue ayah gue bisa smuanya.

Nah,kalo gue ditanya pertanyaan2 macem gini sm dia,”an,ibukota Nepal apa?”

Kalo gue jawap gatau,pasti ayah gue bilang,”ya ampun,saya aja masih Sd udah afal smua perdana mentri sedunia,kalo Cuma ibukota sih pasti tau”

Kalo ayah gue udah jawap gitu,rasanya pengen gue jawap,”aku juga tau alamat rumahku dimana detail lagi,pd.kopi jl.robusta 2 blok Q 8 no.7 rt 2/6 duren sawit jaktim 13460 indonesia! Gada yg bisa ngalahin aku nyebutin alamat rumah kita sedetail itu”

Tapi gue takut mati kutu.

Kadang ayah gue juga suka nanya tentang peta buta gitu.Kalo ada peta nagnggur,ayah gue nanya,”hayo,dimana Srilangka?”

Gue nunjuk Indonesia,tepatnya ibukotanya,tenpat gue tinggal,Jakarta.

Ayah gue geleng2 kepala berasa senam,abis ngetes gue.

Masa depan suram

Judulnya gaenak diliat banget ya,hehe.

Iyalah,tiap gue nganter abang gue ke stasiun buat pulang ke Jogja,buat kuliah lagi,gue sering ngerasa Déjà vu.

Jujur aja,sampe skarang pun gue masi bingung mo masuk univ mana nanti.

Kakak kelas gue yg pinter2 aja banyak yang gak keterima di Ui,gak keterima di Itb,gimana kalo gue? Itulah pertanyaan pertama.

Tapi pertanyaan utamanya adalah,gue harus masuk mana kalo gue gak keterima di FKUI? Bagi gue aja masuk sana berat banget,bener deh kakak kelas gue yang pinter banget aja gak diterima di Fkui,gue mikir aja,otak gue aja lebih pas2n an dari dia.dia mah bukannya pas2an otaknya,tapi selalu ranking 1.

Rangking 1.

Kayaknya gue salah ngebandingin diri sama dia,salah fatal.

Di satu sisi pikiran yang selalu ngeganjel gue,apakah gue bisa ngekos?

Kalo gue bisa ngekos sih enak,nyari kuliah bisa dimana aja,dan gue gaperlu khawatir kayak gini mo kuliah nanti.Emamg sih gue kuliah masi 1 tahun lagi,tapi tetep aja,apa anda tau bahwa taun depan ujian simak ui dipercepat 3 bulan lebih awal?

Gue stress.

Masalahnya disini adalah,ya,gue gak siap kuliah di luar kota.Tepatnya,gue gak siap kuliah dengan ngekos.

1 Sisi gue yg lain,mo jadi apa gue kalo ngekos aja gabisa?

Gue suka speechless deh kalo udah ngomong sampe sini haha bawaannya bingung sndiri.

Sedangkan ayah gue maunya semua anaknya ngekos,kecuali buat abang gue yg kedua.Kenapa kecuali dia? Gue gatau sih apa bener nantinya dia gamau ngekos,tapi seandainya dia gamau,itu karena ada alesannya,masalahnya dulu abang gue pernah kena trauma,dia sempet masuk sekolah berasrama gitu dan dia gak bs adaptasi sm sekelilingnya ygt baru,trutama asramanya,akibatnya ya dia keluar dr asrama.

Makanya mungkin dari situ ayah gue udah ngerti seandainya abang gue itu gamau ngekos.

Nah kalo gue,alesannya apa?

Kalo gue bilang,”bapak,aku gabisa ngekos,sebenarnya selama ini aku tuh kena sindrom gabisa ngekos,bapak gatau kan ada sindrom ngekos? Kalo kena itu aku bakal gabisa buang air stiap harinya”

Bapak gue pasti gak percaya dg alesan tempe macem gitu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar