Kamis, 30 April 2009

raditya dika talkshow

Tadi gue nonton talkshow,untuk pertama kalinya.

Hehe terang aja gue ngerasa bangga,soalnya ini talkshow pertama yang gue datengin dan itu asik banget talkshownya,karena beberapa pertanyaan yang emang pengen gue tanyain kebanyakan udah ditanyain sama penanya lain jadi gue gak mesti nanya lagi.

Tapi guess what dulu siapa pembicaranya,hehe.

Yeah it’s Raditya Dika!Raditya Dika in Sma 14,makanya pas pertama kali gue baca gue udah girang banget.Kalo penulis lain mungkin gue pikir-pikir lagi karena basically gue belum pernah ngikutin talkshow,hehe.

Dari dulu gue pengen banget dateng tiap ada talkshow bareng raditya dika,karena gue emang pengen banget nanya sama dia,terutama ide-ide kocaknya dia buat nulis pengalaman-pengalaman dia yang keliatannya selalusounds weird tapi lucu.

Gue rasa tiap pengalaman dia itu gak mungkin bisa dibilang lucu murni,maksutnya bagi kita bisa aja emang kelucuan murni,padahal bisa aja itu Cuma sekedar kesialan dia aja,atau tragedy,atau juga hal yang keliatannya biasa aja tapi jadi kedengeran kocak dengan penulisan yang bahasanya emang bikin kita ketawa,bener gak sih?

Karena kalo tiap pengalaman dia itu lucu semua,itu bakal keliatan standar banget,layaknya ketoprak aja,tau kan drama ketoprak yang dulu ngetren banget? kayaknya semuanya harus dibikin ktawa dan itu semua lama-lama bakal jadi ngebosenin kalo caranya gitu-gitu aja,dengan ngelucu,ngelucu,dan ngelucu doang.

Gue juga seneng banger nulis,dulu sih nulisnya diary gitu hehe tapi diary bocah gitu deh,soalnya isinya gak banyak-banyak amat tapi keliatan banget apa aja dulu yang suka bikin gue seneng,sedih,sebel,dan sebagainya,karena itu semua tertuang disitu.Diarynya juga tipis,itu Cuma buku tulis 2 biji gue cekrek alias gabung,kesannya kere banget ya sampe gabisa beli diary hehe.

Tapi sebelum minat gue nulis diary kayak gitu,gue ngoleksi banyak banget diary.Ada binder gitu tapi versi mini nya.Hm kayak file gitu deh,tapi yg covernya lucu-lucu gitu,kayak princess-princess an,masi inget banget tuh gue,ada 2 yg 1 kecil,1 lagi agak gedean,tapi lama-lama bosenan.Trus lanjut lagi ke binder,gak kepake.Lama-lama semuanya jadi gak kepake dan terbuang gitu aja,useless banget.Giliran gue nulis diary di buku tulis jelek itu malah keisi semua dan gada selembar pun kosong,geblek.

Diary itu masi gue simpen sampe sekarang.Itu pengalaman-pengalaman gue dari kelas 5 Sd sampe 6 Sd.Banyak banget cerita cinta-cintanya gitu karena emang jujur aja ya,gue cerita nih,dari kelas 3 Sd sampe Kls 6 Sd gue suka sama cowok tapi sampe selama itu juga gue gak brani ungkapin karena itu masih jaman Sd,mana ada Cewek nembak?tau istilah nembak juga kagak.

Pas lulus Sd juga cowok yang gue suka itu gada kabar masuk Smp mana,katanya juga pindah rumah,udah tambah gajelas aja.Tapi gue udah bangga sama diri gue sendiri,kls 3 Sd tapi bisa suka sama orang sampe 3 tahun tanpa ada perasaan pengen ngilangin sedkikitpun.

Gak Cuma cinta-cintaan sih,ada juga tentang persahabatan gitu,kelurga,pokoknya kejadian apapun yang gue alamin tiap harinya baik itu yang bikin seneng,sedih,sebel,ya gitu deh.

Tapi sejak itu gue gak pernah nulis diary lagi,entah males apa gimana gatau ya gue lupa yang pasti gue nulis lagi kls 2 Smp dan itu kebanyakan diary gitu,bener-bener gada yang ditutupin sampe yang malu-maluin,bikin orang bisa sebel sama gue karena tulisan gue,tapi waktu itu gue Cuma sekedar ketik aja di kompi,gak ditaro ke situs internet.Itu sampe kls 3 Smp dan lama-lama gue males trus keapus apa gimana lupa deh gue.

Jujur aja dulu Smp gue rajin nulis-nulis,kayak diary,atau apalah itu sama novel bikinan gue,gue ketik rapi di kompi gue.Sampe pada akhirnya,

Data di kompi gue keapus semua.Semua-muanya.

Gue SYOK.

Data-data diary gue,novel gue yang ada 4 biji keapus semua.Waktu itu gue gak bikin salinan entah di disket apa gimana karena gue gak kepikiran sejak itu.

Padahal waktu itu udah ada 1 novel yang udah jadi,total ada 200 lembaran.3 novel lain lagi on the project,ada yang baru 50 hal,20 hal,dan itu semua keapus tanpa sisa.

Gue stress waktu itu,gue marah sama abang gue,gimana bisa semua datanya keapus gitu aja?Gimana bisa komputernya rusak mendadak gitu?Tapi abang gue beralasan,”Ya sori,tapi kamu sendiri ada data penting kayak gitu kenapa gak bikin salinan?”

Gue yang masi kecil : ngelongok.

Sejak itu gue trauma nulis novel.Novel yg udah kelar 200 lembar itu,niatnya pengen gue kirim ke penerbit,bener-bener udah impian gue waktu itu,berkali-kali gue nanya alamat penerbit sama ayah gue sampe-sampe ayah gue bosen jawapnya karena gue lupa,berkali-kali juga gue nelpon penerbit buat janjian mo ksana karena gajadi-jadi sampe gue tengsin berat nelpon mulu kesananya malu berat.

Tapi semua itu buyar.

Hehe gak selebay itu juga sih.Emang sih waktu itu gue sempet sakit hati dan sedih berat karena insiden itu,tapi yaudalah berati novel gue emang jelek semua,buktinya gak diberkahin masi ada sampe sekarang,hehe.

Tadi terakhir sampe mana ya? Oh iya sampe yang tentang talkshow ya? Jadi melenceng gini topiknya.

Karena hobi gue nulis inilah sebenarnya gue pengen sering-sering dating ke talkshow,biar lebih understanding tentang dunia nulis.Tapi semenjak gue lebih suka nulis pengalaman-pengalaman gue yang bisa bikin gue ktawa sendiri,talkshow yang jadi list number one gue adalah Raditya Dika.

Gue ngerasa awalnya gue lebih suka nulis diary-diary gue kayak apa yang gue alamin sehari-hari,mulai dari hari senin sampe minggu,dan seterusnya hingga hari-hari gue,gue curahkan ke diary itu di laptop.Semuanya,kayak nulis diary di buku diary aja,curhat,hari gini ngapain aja,apa yang bikin seneng,sedih,sebel,dan blabla karena menurut gue dengan nulis uneg-uneg kita,kita bisa lebih ngerasa fresh dikit dengan udah ngeluarin apa yang ngeganjel di hati kita.

Tapi lama-lama gue ngerasa boring juga,lama-lama jadi males nulis dan stuck gitu aja.Dan akhirnya brenti juga nulisnya.Padahal gue pengen banget apa yang gue alamin sehari-hari bisa gue rekam dengan teratur,dengan baik,jadi pas nanti gue udah gede,gue punya sesuatu yang bisa bikin gue ngerasa gimana sih gue dulu?

Setelah gue baca novel-novelnya Raditya Dika,gue langsung ngerasa kalo yang namanya nulis itu gak Cuma diary ataupun novel,ataupun curahan hati kita yang terkesan “biasa” tapi kita bisa nulis apa yang bisa bikin kita ketawa sendiri waktu baca.Gak mesti sesuatu yang sehari-hari kita alamin kayak curhat gitu,karena lama-lama bakal terasa ngebosenin dan gak ada minat buat nulis.

Sejak itu gue rajin nyatetin kejadian-kejadian yang bisa gue kembangin diblog nanti,Cuma sekedar kisi-kisi aja,kayak pengigat.Nanti kalo udah selese ditulis,topic itu gue apus di notes hp tanda kalo gue udah nulis topic itu,dan cari topic lainnya.

Tapi susah juga,karena awalnya gue rajin nulis-nulis tiap topic di notes hp,lama-lama gue suka lupa dan jadi gak terlalu diinget lagi apa yang pengen gue tulis dib log,ilang gitu aja ide-ide yang pengen gue kembangin jadi blog.

Oke,jadi kemaren-kemaren gue liat poster di skola gue,Sma 14 presents talkshow,bedah buku,bazar buku,dan sebagainya dan ada tulisan Raditya Dika disitu,Raditya Dika.

Seolah tulisan itu paling nge-cling sendiri di poster itu.

Gue langsung sebarin ke temen-temen gue hari itu juga buat ikut talkshow itu karena gue gak pengen nyia-nyiain kesempatan langka kayak gitu,Raditya Dika talkshow di Sma?itu

jarang banget.

Setau gue yang dulu rajin buka blog Raditya Dika,tiap dia talkshow itu,biasanya di kampus-kampus gitu,atau bahkan diluar kota,kalo engga di Mall-mall atau gramed yang jauh,jadinya males deh gue

kesana,dangak baca detailnya lagi.

Pas sehari sebelum hari H,gue udah beli tiketnya di temen gue,3 tiket,karena 3 orang yang udah pasti ikut kesana,termasuk gue,dan gue simpen rapi di dompet gue.

Besoknya,ternyata yang ikut Cuma 3 orang itu aja.Yaudah.Gue siapin dompet gue,tapi Gosh,gue lupa tentang tiketnya.

Banyak lembaran struk Atm di dompet gue itu dan gue bermaksut ngebuang,dan yang menjadi bodohnya gue adalah,tiket-tiket jahanam itu keselip di struk-struk Atm itu,dan gue tinggal di loker meja belajar gue.

Sampe gang deket Sma 14,ujan deres banget,terpaksa kita ngadem dulu.Dan temen gue yang rumahnya di daerah situ,berbaik hati nganterin payung buat kita,dan pada akhirnya dia putusin buat ikut kesana.

Sampe sana jam 11,gue mo ambil tiket di dompet,pas gue buka dompet,oh

Tiketnya gada. Gue Panik.

Gue bongkar bolak/I,gada juga,trus gue langsung sadar kalo tiketnya pasti keselip di struk-struk atm sialan yang gue tinggal dirumah.Gue langsung minta map sama temen-temen gue dan ditodong bayarin tiketnya.Untungnya harganya 5000 an dan temen gue ada yang berbaik hati gak minta diganti hehe,thanskio ya taam :D

Sampe jam 12 kita ngiter-ngiter di lapangan tempat talkshow diadakan,tapi pembicaranya masi orang lain,bapak-bapak gitu gue inget dia sering nongol sebagai pembicara sastra gitu,tapi lupa namanya siapa.

Pas gue pengen berdiri dari tempat duduk buat jalan-jalan di sekitar stand,tiba-tiba tas gue jatoh gitu aja dan alamaaak! Tadi kan abis ujan,dan otomatis lapangan basah banyak becekan,tas gue mendarat gitu aja di kubangan nan becek itu,dan mulut gue yg biasanya kalem mendadak spontan tiba-tiba ngemeng,

“ah,ngehe!”

Kata-kata kasar yg biasanya jarang kluar dr mulut guem,keluar aja dengan jahanamnya dan disaat yg gak tepat,semua orang nengok gue karena dari yg sedang diskusi kalem-kalem,jadi ada omongan nyeleneh dari gue dengan suara yg didenger audiens.

Oh yes gue sudah mempermalukan diri gue sendiri.

Abis itu kita muter-muter jalanan stand dengan gue yang bawa tas-pembawa-sial yang basah,trus tiba tiba,

Temen gue nepok gue dari belakang,dan gue ngejerit dalem ati

“Itu raditya Dika!”

Gue langsung nyolek temen depan gue dan bilang ,“Itu Raditya Dika,dev! Radith! ”

Dianya bingung dulu lageh haha,trus akhirnya ngudeng juga kalo ada Raditya Dika.

Kita semua langsung begok gajelas,nyesel gitu kenapa gak negor,kenapa gak langsung minta foto bareng ato tanda tangan,karena dia cepet banget lewat.Trus dia masuk ruangan gitu deh.

Talkshow pun dimulai selesai Isoma,jam stenga 1 lewatan.Kita terpaksa berdiri karena udah gada tempat,bangku yang disediain terbatas banget.Sebelum dimulai,Mc sempet bilang,kita harus teriak dulu manggil Radith,ternyata pas bagian manggil Radith itu,responnya sepi banget,kayaknya anaknya pada kalem gitu deh,kita yang berempat aja yang ribut sendiri.

Pas talkshow pun gitu,kalo menurut gue ya,ketawanya tuh sepi,kurang rame gitu,tapi giliran rame malah temen gue sendiri,yakni Devita,kalo ketawa stress sendiri dia,sampe kalo ketawa meluk-meluk temen gue,ato tiba-tiba jongkok dengan ketawa kayak mules ekeke gue bingung sendiri ngeliatnya kok dia anarkhi sendiri?hehe.

Selese talkshow,Radith balik gitu aja,sekitar jam 2 kurang 15.Gue bingung,kok gada sesi foto atau tanda tangan atau apa ya?

Gue lemes,gue udah bawa 5 novel dia,lengkap dari no.1 sampe yang ke-5.Tapi ternyata gada sesi foto bareng dan ttd.

Akhirnya temen gue langsung berinisiatif ngomong ke manajernya untuk minta ttd dan foto bareng.Manajernya sih oke-oke aja,tapi panitianya agak rewel,akhirnya kita dikasih kesempatan juga buat masuk ke ruangan dia istirahat sebelum dia cabut lagi ke tempat lain.

Kita langsung foto bareng,berempat bareng Raditya Dika,senengnya gak terkira deh hehe janjinya 2 foto,tapi panitianya mukanya datar gitu,akhirnya kita foto 1 kali aja dan lo harus tau,fotonya gak autofokus akibat yg moto gembel abis,padahal udah pake kamera 3.2 mp punya temen gue,resek banget emang yang motoin,dasar.

Selese foto bareng,panitia makin ngedesek kita buat buru-buru go back,tapi gue gamau nyerah,gue yang pengen banget ngeabadiin foto beserta ttd dia,langsung berinisitaif duluan minta ttd dia.

“Kak Radith,boleh minta tanda tangannya? ”

Dia langsung jawab boleh dong,dan nanyain nama gue buat ditulisin namanya,dan yang lain langsung ikutan minta,tapi pas gue Tanya temen gue ditanyain juga namanyan apa engga buat ditulis di novelnya,ternyata engga,Cuma gue doang yang pertama kali minta ttd dia yang dikasi ttd+ditulisin nama.Kyaaaaa senangnyaaaaaaaaaaaaaaaaaa :DDDDD

Kesan pertama dan terakhir waktu gue ketemu dia adalah Ramah Abis,dan yang paling gue suka adalah dia tau waktu dimana dia mesti ngelucu,ramah,dan bikin kita tertarik sama dia,dengan gak ngobral sifat-sifat dia yang kalem,dan tiba-tiba bisa kocak.

So,two tumbs up for you Radith JJJ

(saking nyeselnya gabisa foto berdua,drpd yang gue jadiin backgroundnya foto bareng tp berempat,yg gue jadiin background malah yang ttd dia di buku gue loh hehe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar